Selasa, 06 November 2012

CARA PENULARAN VIRUS HIV


Orang awam biasanya selalu mengira bahwa penularan HIV dapat menular melalui bertemu dan berbicara dengan penderita HIV. Padahal anggapan seperti itu salah, HIV memang penyakit menular dan berbahaya, tetapi penularannya tidak mudah seperti virus flu burung yang bisa menyebar atau menular melalui udara, sehingga penderita tersebut harus dikarantina. Tetapi HIV hanya akan menular melalui cairan tubuh yang bertukar. Berikut akan dijelaskan cara penularan dari virus HIV :



Cara penularan dan beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak tertular oleh virus HIV adalah :



1. Berperilaku seksual secara wajar. Risiko tinggi penularan secara seksual adalah para pelaku homoseksual, biseksual dan heteroseksual yang promiskuitas. Maksud dari promiskuitas adalah perilaku perkawinan dengan tidak membatasi pada satu pasangan saja, atau hubungan seksual dengan orang lain tanpa ada ikatan. Penggunaan kondom pada hubungan seks merupakan usaha yang berhasil untuk mencegah penularan, sedangkan spermisida atau vaginal sponge tidak menghambat penularan HIV.

2. Berperilaku mempergunakan peralatan suntik yang suci hama. Penularanmelalui peralatan ini banyak terdapat pada golongan muda pengguna narkotiksuntik, sehingga rantai penularan harus diwaspadai. Juga penyaringan yang ketat terhadap calon donor darah dapat mengurangi penyebaran  HIV melalui transfusi darah.

3. Penularan lainnya yang sangat mudah adalah melalui cara perinatal. Seorang wanita hamil yang telah terinfeksi HIV, risiko penularan kepada janinnya sebesar 50%.




Untuk mencegah agar virus HIV tidak ditularkan ke orang lain dapat dilakukan dengan cara bimbingan kepada penderita HIV yang berperilaku seksual tidak aman, supaya menjaga diri agar tidak menjadi sumber penularan. 

Penggunanarkotik suntik yang seropositif agar tidak memberikan peralatan suntiknya kepada orang lain untuk dipakai, donor darah tidak dilakukan lagi oleh penderita seropositif dan wanita yang seropositif lebih aman bila tidak hamil lagi.
Maksud dari seropositif adalah hasil tes antibodi dalam darah positif.


Diposting oleh : Nur Aisyah Chairunnisa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar