Selasa, 06 November 2012

HARUSKAH KITA MENJAUHI ODHA?


ODHA adalah orang yang hidup dengan HIV/AIDS.
Penderita HIV/AIDS pasti merasa dijauhi karena penyakit yang mereka derita. Bahkan sebagian dari mereka merasa tidak ada gunanya lagi untuk hidup, karena pasti orang lain akan menjauhi bahkan mereka diolok-olok karena penyakit yang mereka derita. Mereka tidak lagi memiliki kesempatan sebesar kita yang tidak menjadi korban HIV.  



Oleh sebab itu, sebagai orang yang masih memiliki kesempatan hidup lebih besar daripada mereka, apakah kita harus menjauhi mereka, mengucilkan mereka, dan tidak dekat dengan odha karena takut tertular penyakit yang diderita oleh mereka. Seharusnya kita sebagai generasi muda tahu apa yang harus kita lakukan. 


Kita harus merangkul dan selalu menumbuhkan semangat mereka. Jangan pernah takut tertular oleh penyakit mereka, tetapi kita hanya mencegah dan waspada akan virus tersebut. Dengan begitu kita bisa menjadi generasi muda yang menjadi bagian dari solusi masalah para odha, bukan ikut serta menambah masalah dan menghancurkan mereka yang sudah hancur dengan stigma dan penyakit yang mereka derita. 



Hal yang dapat kita lakukan untuk para penderita HIV/AIDS adalah memberdayakan mereka sesuai dengan keterampilan  yang mereka miliki dalam hal yang positif, seperti mengikutsertakan odha untuk memberi penyuluhan yang lebih kongkret akan bahaya dari virus HIV, dan semua hal yang berhubungan dengan HIV, karena tidak ada pernyataan yang bisa mengalahkan pernyataan dari pengalaman langsung para odha akan HIV/AIDS, sehingga oleh pengalaman hidup mereka, angka penularan karena virus HIV di dunia terutama di Indonesia diharapkan akan berkurang. 





Diposting oleh : Nur Aisyah Chairunnisa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar